Sejarah Singkat Mesin Fotocopy

Chester Flood CarlsonMesin Fotocopy ditemukan oleh Chester Flood Carlson pada 6 Oktober 1942. Chester Flood Carlson lahir 8 Februari 1906 disebuah kota yang bernama Seattle, Washington. Carlson bekerja di sebuah perusahaan pembuat peralatan elektronik. Saat itu tugasnya adalah menyalin dokumen dan gambar ke dalam beberapa dokumen. Carlson merasa lelah dengan pekerjaan itu dan kemudian berfikir bagaimana caranya agar pekerjaannya itu mudah dilakukan dengan menemukan konsep elektrofotografi yang sekarang kita kenal dengan mesin fotocopy. Usahanya dimulai pada tahun 1938 yaitu dengan bereksperimen yang memanfaatkan bubuk karbon dan penyinaran cahaya dan memindahkan suatu tulisan dari medium satu ke medium lain. Selain konsep elektrofotografi Carlson juga menggunakan konsep hoto-conductivity, sebuah proses perubahan elektron jika terkena cahaya. Intinya, dengan proses ini, gambar bisa digandakan dengan proses perubahan elektron tersebut.

Tetapi sebagian besar literatur menyebutkan bahwa Carlson menciptakan proses mengkopi dengan menggunakan energi elektrostatik, yaitu xenography. Xenography berasal dari bahasa Yunani yaitu “radical xeros” yang artunya kering dan “graphos” yang artinya menulis. Karena memang dalamprosesnya tidak melibatkan cairan kimia, tak seperti teknologi sebelumnya. Melalui teknik ini, Chester Carlson telah menemukan cara yang merombak paradigma penulis ulangan sebuah dokumen, yang nantinya akan menjadi proses yang disebut fotokopi. Teknik ini kemudian dipatenkan pada 6 Oktober 1942.

Fungsi Mesin Fotocopy

mesin fotocopymesin fotocopy untuk usaha Secara umum fungsi atau kegunaan mesin fotocopy adalah untuk menggandakan dokumen. Tetapi seiring perkembangan jaman mesin fotocopy saat ini bisa digunakan untuk usaha fotocopy dan peralatan pandukung pekerjaan di kantor. Saat ini perkembangan teknologi di industri mesin fotocopy mengalami perkembangan yang sangat pesat. Mesin fotocopy saat ini sudah dilengkapi dengan beberapa fitur canggih dan tidak hanya digunakan untuk mengkopi dokumen saja, tetapi bisa digunakan untuk memudahkan pekerjaan yang lain juga seperti untuk scann, send, print dll. Hal ini tentunya menciptakan persaingan tersendiri dalam memproduksi mesin fotocopy, banyak perusahaan yang memproduksi mesin fotocopy dengan fitur dan cirikhas dari masing-masing produsen mesin fotocopy.

 

Sampai ketemu diartikel selanjutnya

PT-GLOBAL-MITRA-COPIERINDO