Sahabat Global, kali ini kami akan memberikan tips bagaimana cara menyimpan hasil scan pada mesin fotocopy Canon  Digital. Sebenarnya artikel ini kami tulis untuk menjawab pertanyaan dari salah satu sahabat Global di Fans Page Facebook yang menanyakan bagaimana cara menyimpan hasil scan pada mesin fotocopy digital. Bagi yang belum bergabung di Fans Page Facebook Global silahkan gabung dulu dengan cara like Fans Page yang ada di samping artikel ini.

cara menyimpan hasil scan mesin fotocopy

Dalam mesin fotocopy digital terdapat beberapa fitur yang bisa anda manfaatkan untuk menyimpan hasil scan, yang diantaranya adalah Mailbox, Scan, Send tetapi tidak semua mesin fotocopy digital mendukung fitur ini contohnya pada mesin tipe Canon iR3300 hanya terdapat fitur Mailbox dan Scan saja, berbeda dengan mesin rekondisi terbaru seperti Canon iR5050 atau Canon iR5075 yang sudah dilengkapi dengan semua fitur multifungsi ( print / scan / send ).

Sebelum membahas lebih lanjut bagaimana cara menyimpan hasil scan ada baiknya anda mengerti dulu apa itu yang dimaksud dengan Mailbox, scan, send.

  • Mailbox

Fitur mailbox ini bisa anda pergunakan untuk menyimpan hasil scan buku atau dokumen yang lainnya yang sering difotocopy, jadi jika suatu saat dokumen tersebut akan diprint / fotocopy anda bisa langsung mengambilnya dari data penyimpanan di Mailbox. Mailbox menggunakan memory yang terdapat pada hardisk mesin fotocopy anda dan kapasitasnya terbatas.

  • Scan

Sebenarnya scan pada mesin fotocopy difungsikan untuk merubah file ( gambar / tulisan ) yang berbentuk Hard Copy menjadi File Soft Copy bisa berupa file berformat JPG atau TIFF atau PDF dan hasil scan tersebut bisa kita simpan pada media penyimpanan data seperti Hardisk Komputer atau Flashdisk. Untuk menggunakan fitur ini anda harus mengkoneksikan mesin fotocopy anda dengan komputer terlebih dahulu dan menginstal Driver Scan Gear Tool versi terbaru.

  • Send

Fitur send yang terdapat pada mesin fotocopy digital pada prinsipnya sama saja dengan fitur Scan, bedanya adalah cara kerjanya saja yaitu jika scan adalah merubah format dokumen dengan cara menarik dokumen dari mesin ke komputer dengan 2 kali kerja ( menaruh dokumen di mesin fotocopy kemudian kembali ke komputer untuk menarik dokumen ) sedangkan pada fitur send anda hanya perlu satu langkah kerja saja yakni dengan menaruh dokumen yang ingin di rubah menjadi file soft copy di mesin fotocopy kemudian mengirimnya ( sending ) ke alamat komputer yang dituju. Tentu saja anda harus melakukan beberapa settingan disini agar fitur send bisa anda pergunakan, send akan lebih efektif dipergunakan diperkantoran yang memiliki jumlah perangkat komputer lebih dari 5 unit dan lokasi komputer yang berjauhan.

Kembali lagi ke pertanyaan:

Cara menyimpan hasil scan pada mesin fotocopy?

Menjawab pertanyaan diatas jika memang yang dimaksud adalah menyimpan hasil scan dokumen yang belum tersimpan hasil scannya di mesin fotocopy anda bisa menggunakan salah satu dari 3 fitur diatas yang sudah kami bahas.

Jika memang yang dimaksud adalah menyimpan atau memindahkan hasil scan yang sudah tersimpan pada mesin fotocopy digital ( didalam mailbox ) ke Komputer maka anda bisa menggunakan cara RUI ( Remot  UI ) dengan cara mengetikkan IP Address mesin fotocopy di Browser komputer anda yang telah terkoneksi dengan mesin fotocopy dan anda bisa memindah kan filenya satu persatu, tetapi langkah ini kurang efektif.

RUI mesin fotocopy Canon

Demikian tanggapan kami atas pertanyaan sahabat Global di fanspage Facebook semoga bisa memberikan manfaat dan penjelasan. Jika anda mempunyai pertanyaan seputar mesin fotocopy anda bisa menyampaikannya di Fanspage Facebook kami.

Baca juga cara instal printer mesin fotocopy

Salam Sukses

CV. Global Mitra Copierindo