Kali ini kami akan memberikan tutorial tentang cara setting ukuran kertas folio ( F4 ) setelah instal printer mesin fotocopy. Kenapa harus disetting ? Karena pilihan ukuran kertas Folio belum terdaftar didalam settingan kertas yang ada dalam driver printer mesin fotocopy, jadi anda harus membuatnya sendiri ukuran kertas tersebut melalui fitur custom paper size yang terdapat didalam Driver Printer mesin fotocopy anda.

Custom paper size bisa diartikan sebuah fitur yang terdapat pada driver printer ( Post Script / UFR ) yang memungkinkan untuk membuat ukuran kertas sesuai dengan ukuran kertas yang akan kita pakai pada mesin fotocopy, contohnya ukuran kertas FOLIO ( F4 ) yang belum terdaftar didalam driver mesin fotocopy Canon.

Kalau penjelasan diatas dipahami memang sedikit rumit, maka akan saya jelaskan secara garis besar dan dengan bahasa penyampaian biasa. Jadi anda memiliki sebuah mesin fotocopy digital yang sudah di instal printernya tetapi pada saat ingin dibuat ngeprint dari komputer pada pilihan kertasnya tidak terdapat ukuran kertas folio….. maka anda harus membuat sendiri ukuran tersebut dan mendaftarkannya kedalam driver printer yang anda pakai terlebih dahulu dengan menggunakan fitur custom paper size ini.

Tutorial kali ini kami menggunakan Driver printer UFR untuk mesin fotocopy Canon iR6570, jika anda menggunakan mesin fotocopy Canon iR5000 atau iR3300 maka anda harus menggunakan driver jenis PS3 ( Post Script 3 ) dan tutorial ini tidak bisa menggunakan Driver jenis PCL karena pada driver PCL tidak terdapat fitur Custom Paper Size.

Langkah langkahnya sebagai berikut:

cara setting ukuran kertas

1. Klik logo windows yang terdapat pada komputer atau laptop anda yang sudah terkoneksi dengan mesin fotocopy

2. Pilih Printer and Faxes

printing preference

3. Klik kanan pada printer yang akan anda setting misalnya printer, misalnya Canon iR5570/iR6570 sampai muncul pilihan dan klik Printing Preferences

custom paper size

4. Klik Custom Paper size untuk membuat ukuran kertas yang akan kita daftarkan pada driver printer

custom paper setting

5. Ganti tulisan “New Name” dengan nama “FLSC” misalnya jika ingin mendaftarkan ukuran kertas yang baru, namanya bebas tidak harus “FLSC” bisa “Folio” atau “F4″ atau terserah anda.

6. Biarka pada satuan ukuran “inch” dan rubah ukurannya menjadi Widh: 8.50 dan Height: 13.00

7. Klik Register untuk mendaftarkan ukuran kertas yang barusaja anda buat

setting ukuran kertas folio

8. Jika prosesnya sudah selesai maka pada Page Size pilihan ukuran kertas akan muncul ukuran kertas yang baru saja anda buat dan bisa anda pergunakan untuk ngeprint ukuran kertas Folio.

Semoga tutorial ini bermanfaat untuk anda.

Artikel terkait:

Sampai bertemu diartikel selanjutnya.
CV.Global Mitra Copierindo